Rabu, 05 Juni 2019

10 Macam-Macam Jerawat dan Cara Mengobatinya

Jerawat menjadi masalah yang tidak hanya dialami oleh para remaja tapi juga orang dewasa. Banyak yang mengira bahwa jerawat bisa diatasi menggunakan cara yang sama. Tapi tahukah Anda bahwa jerawat memiliki jenis-jenis dan cara pengobatan yang berbeda? Benar, ada banyak tipe jerawat mulai dari yang ringan sampai yang membandel sehingga susah untuk dihilangkan. Karena berbeda, tentu cara menghilangkannya pun tidak sama.

Oleh karena itu, di sini kita akan membahas macam-macam jerawat beserta gambarnya supaya mempermudah Anda mengidentifikasi jerawat yang Anda miliki dari tampilan luarnya. Ditambah lagi, ada cara mengobatinya sesuai dengan anjuran dokter. 

Macam-macam jerawat dan cara mengobatinya

1. Bleackheads



Seperti halnya whiteheads, komedo jenis ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan produksi minyak yang berlebihan karena perubahan hormon. Komedo ini berubah menjadi hitam karena lama terpapar oleh udara sehingga mengering dan menjadi hitam. Dokter merekomendasikan penggunaan retinol yang dijual bebas atau retinoid yang bisa membantu pembentukan sel kulit baru dan mencegah pori-pori tersumbat dengan sel kulit mati dan minyak.

2. Whiteheads



Whitehead adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum. Komedo jenis ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh sel-sel mati sehingga menyebabkan benjolan putih bulat pada kulit. Meskipun jerawat jenis ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yang paling umum adalah menumpuknya minyak, sel-sel kulit mati, dan perubahan hormon. Jangan mencoba untuk untuk mengeluarkannya  dengan memencetnya karena dapat menyebabkan infeksi yang membuat jerawat lebih parah. Cara terbaik untuk mengobati komedo adalah menjaga area di sekitarnya bebas dari sel-sel kulit mati dan bakteri. Kebanyakan Whiteheads menghilang secara alami dalam waktu sekitar satu minggu, tetapi jika tidak, lakukanlah pembersihan wajah di pagi dan sore hari dengan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat, seperti LovelySkin LUXE Clarifying Gel Cleanser.

3. Jerawat Zona T 



Jenis jerawat ini biasanya muncul di dahi, hidung, dan dagu yang disebabkan oleh polusi dan menyebabkan jerawat merah dan whiteheads. Whiteheads biasanya ada di zona-T, jadi produk yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, seperti Proactiv® Deep Cleaner dan retinoid, bisa membantu menghilangkan jerawat jenis.

4. Jerawat hormonal



Jerawat jenis ini muncul karena kelebihan minyak yang dihasilkan hormon sehingga membuat pori-pori tersumbat. Co-cyprindiol adalah pengobatan hormon yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat jenis ini. Untuk lebih baiknya, cobalah periksa ke dokter karena pengobatan jerawat jenis ini membutuhkan perawatan yang lebih serius.


5. Jerawat Papula



Benjolan merah kecil pada kulit ini sering muncul dalam jumlah banyak dan bisa sangat menyakitkan. Untungnya, jerawat ini mudah untuk diatasa menggunakan antibiotik atau perawatan topikal seperti tretinoin. Retinol juga dapat membantu mengobati papula. Jika Anda mencari produk benzoil peroksida, ada banyak opsi yang bisa Anda pilih, termasuk  Jan Marini Skin Research Benzoyl Peroxide Acne Treatment Lotion 10%.

6. Jerawat Pustula

Pustula adalah benjolan yang berisi cairan atau nanah pada kulit dan dihasilkan dari infeksi bakteri di pori-pori. Meskipun tingkat keparahan jerawat ini bervariasi tapi pustula yang ukurannya kecil dapat diobati dengan produk yang mengandung asam salisilat. Jika kulit Anda rentan terhadap pustula, penting untuk mengintegrasikan perawatan jerawat ke dalam rutinitas harian Anda. Perawatan Jerawat menggunkan LovelySkin LUXE adalah perawatan yang sangat baik bagi mereka yang ingin menyembuhkan dan mencegah jerawat ini. 

7. Jerawat kistik



Jerawat kistik adalah salah satu jenis jerawat yang biasanya terjadi jauh di bawah permukaan kulit dan sangat menyakitkan. Seperti kebanyakan bintik-bintik, jenis jerawat ini terjadi ketika pori-pori tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati, tetapi infeksi terjadi lebih dalam ke dalam kulit, menghasilkan benjolan yang lebih besar. merah yang penuh dengan cairan. Jerawat kistik biasanya hasil dari perubahan hormon, itulah sebabnya lebih sering terjadi pada remaja, meskipun dapat terjadi orang-orang dari segala usia. Berbeda dengan whitehead dan jerawat ringan lainnya, jerawat ini sulit hilang dengan sendirinya. Oleh karena itu, Anda lebih baik berkonsultasi dengan dokter sangat dianjurkan sebelum jerawat semakin parah.

 8. Jerawat fulminans



Jerawat jenis ini termasuk jenis kistik namun lebih parah yang umumnya terjadi pada remaja laki-laki. Jerawat ini ditandai dengan nodul sangat meradang dengan luka terbuka yang bisa ditemukan pada dada, punggung, dan wajah. Perawatan seringkali membutuhkan steroid sistemik oral, isotretinoin, dan obat sistemik lainnya. Hindari kebiasaan buruk seperti menyentuh atau memencet yang membuat jerawat menjadi lebih buruk.


9. Jerawat Nodule



Seperti jerawat kistik, nodul merupakan salah satu dari jenis jerawat yang memerlukan bantuan dokter kulit. Jerawat nodule dapat bertahan selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tanpa pengobatan yang tepat. Tidak seperti jerawat kistik, jerawat ini memiliki warna yang sama dengan kulit Anda atau menjadi merah ketika meradang. Dokter merekomendasikan penggunaan antibiotik dan perawatan topikal yang sesuai anjuran dokter. 

10. Jerawat mechanica



Jenis jerawat ini disebabkan oleh gesekan dan panas yang menyebabkan iritasi dan infeks. Jerawat juga bisa disebabkan oleh  tekanan pada kulit atau memakai alat olahraga atau pakaian olahraga lembab, yang memicu peningkatan iritasi dan kelebihan minyak yang menyebabkan jerawat.Untuk mencegah jerawat tipe ini, direkomendasikan untuk mandi segera setelah berolahraga atau berkeringat, tidak memakai topi untuk jangka waktu yang lama, tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan beralih dari bahan sintetis ke kain yang bisa masuk udara. Produk berbasis benzoil peroksida, seperti Panoxyl, dan asam glikolat, seperti Cane & Austin Retexture, dapat mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, dokter kulit juga dapat meresepkan obat kombinasi topikal yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan bakteri.

Obat-obat yang disebutkan di atas dapat Anda temukan di apotik atau pun online shop lokal maupun internasional seperti Amazon. Untuk harganya pun bervariasi namun sesuai dengan hasil yang bisa didapatkan. Semoga artikel ini bermanfaat.


EmoticonEmoticon