Kamis, 13 Juni 2019

10 Jenis Makanan yang Menjadi Penyebab Jerawat

Makanan yang And konsumsi berperan besar dalam timbulnya jerawat. Dan ini telah dibuktikan dalam banyak penelitian. Makanan yang menyebabkan peradangan sehingga meningkatkan kadar gula dan menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan infeksi. Kami memahami bahwa sulit untuk menghindari semua makanan yang menyebabkan jerawat. Jadi kami membuat daftar makanan yang paling sering menyebabkan jerawat.

1. Biji-bijian dan gula: roti, pasta dengan tepung putih, dan soda



Biji-bijian dan gula olahan adalah makanan yang paling sering ditemukan di sekitar kita. Mengonsumsi makanan-makanan tersebut, bahkan dalam jumlah terbatas, bisa bermasalah. Makanan tersebut mudah dicerna di tubuh Anda sehingga meningkatkan kadar gula yang berkontribusi sebagai penyebab jerawat.

Makanan-makanan sederhana sehari-hari seperti roti putih, nasi putih, sereal dan biskuit juga dapat menyebabkan ruam dan jerawat. Sebaliknya, gula bisa menyebabkan ruam dengan cepat.

Gula putih, khususnya, sangat glikemik dan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Minuman ringan yang banyak mengandung gula bisa dengan cepat diserap ke dalam darah dan menimbulkan kerusakan pada kulit.

2. Produk susu: es krim, keju, dan coklat susu



Mengonsumsi susu sapi (langsung atau dalam bentuk keju, krim, coklat susu atau es krim)  dapat meningkatkan gula darah. Ini karena kandungan yang ada dalam susu memicu produksi minyak yang berlebihan.

Produk-produk susu ini juga mengandung nutrisi pertumbuhan yang mendorong produksi sel-sel kulit yang berlebihan, yang menghambat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

Produk susu juga meningkatkan kadar insulin dalam tubuh yang meningkatkan produksi minyak kulit. Bahkan kehadiran asam amino dalam susu sapi mempengaruhi kulit dan karenanya menyebabkan jerawat.

3. Makanan cepat saji: kentang goreng, hamburger, keripik kentang, dan pizza



Meskipun makanan cepat saji cepat untuk dikonsumsi dan sangat memuaskan selera Anda, tapi di sisi lain, itu juga mendorong timbbulnya jerawat secara cepat.

Dari hamburger, pizza, keripik, dan hot dog, mereka mengandung lemak trans, karbohidrat olahan, dan lemak jenuh yang mengganggu kadar hormon dan menyebabkan peradangan yang menyebabkan wajah berjerawat.

Makanan cepat saji cepat disajikan, baunya enak dan rasanya enak, tetapi juga meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

4. Makanan yang kaya akan asam lemak omega-6: jagung dan minyak kedelai



Merubah kebiasaan memasak dan makan telah mengakibatkan peningkatan konsumsi asam lemak omega-6, yang menyebabkan masalah bagi kulit Anda. Makanan-makanan di atas juga bisa menyebabkan peradangan dan jerawat.

Banyak minyak nabati olahan yang sering kita gunakan untuk memasak (seperti minyak kanola, minyak jagung, margarin, minyak bunga matahari) menimbulkan ancaman bagi kulit. Ini harus dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Bahkan beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti kacang-kacangan, biji wijen, kacang brazil dan biji labu yang kaya akan asam lemak omega-6, dapat menyebabkan masalah kulit jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Baca Juga: 10 Produk Terbaik untuk Mengatasi Jerawat 2019

5. Susu whey rotein 



Jika Anda berpikirdengan mengonsumsi susu whey protein yang dibeli di pasar sebelum atau setelah berolahraga bisa membuat Anda lebih sehat, Sebaiknya Anda perlu mempertimbangkannya lagi karena bubuk whey proten memiliki efek samping bagi kesehatan.

Bubuk whey protein mengandung asam amino yang memicu jerawat. Asam menyebabkan kelebihan produksi sel-sel kulit baru yang menghalangi pori-pori kulit dan menyebabkan ruam.

Whey merupakan bahan tambahan dari susu skim yang merupakan alasan mengapa hal itu menyebabkan ruam. Susu jenis ini juga mengandung asam amino yang meningkatkan produksi peptida yang akhirnya mengarah pada peningkatan kadar insulin. Semuanya bisa meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat.

6. Daging non-organik: daging sapi, unggas, dan babi



Lain kali Anda membeli daging, Anda harus tahu dari mana asalnya dan bagaimana cara perawatannya. Pastikan daging yang Anda beli telah dipelihara dengan rumput organik - jika tidak maka akan menjadi masalah bagi kulit Anda.

Hewan yang diberi makan dengan antibiotik (atau mereka yang dibesarkan dengan hormon pertumbuhan) bukanlah sumber daging yang sehat. Mereka menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan menghasilkan bakteri dalam tubuh yang menghasilkan jerawat.

7. Kafein: kopi dan teh



Meminum kopi adalah cara yang bagus untuk memulai hari, tetapi kopi ternyata dapat memiliki efek buruk pada kulit Anda dan menyebabkan jerawat.

Mengonsumsi kopi meningkatkan kadar kortisol yang dapat memicu stres dan meningkatkan kadar insulin. Stres adalah salah satu penyebab utama jerawat. Dan peningkatan kadar insulin menyebabkan kelebihan produksi minyak.

Makanan atau minuman yang mengandung alkohl, di sisi lain, menyebabkan ketidakseimbangan kadar testosteron atau estrogen dalam tubuh  yang menyebabkan jerawat.

8. Makanan kaleng: mie dan kue kering



Makanan kaleng adalah makanan yang mudah untuk dikonsumsi dan lezat. Sulit untuk menyingkirkan makanan kaleng, tetapi Anda harus melakukannya untuk menjaga kulit Anda.

Dimulai dengan mie dan kue, hindari semuanya karena mengandung banyak bahan kimia berbahaya bagi kulit. Mereka juga mengandung aditif buatan dan aroma yang menyebabkan alergi kulit.

Selain itu, makanan-makanan kaleng juga mengandung lemak jenuh yang memicu produksi minyak yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Macam-Macam Jerawat dan Cara Mengobatinya

9. Makanan yang digoreng: wafel, gorengan, nasi goreng



Anda sangat disarankan untuk menghindari makanan yang digoreng jika berjerawat. Apa pun makanan yang terlalu berminyak atau berlemak, baik itu kari, gorengan atau ayam goreng, bisa menjadi masalah karena minyak yang digunakan untuk memasaknya.

Jika jenis minyak yang digunakan adalah minyak nabati olahan, itu bisa menjadi penyebab utama masalah karena dapat mengganggu kulit dan menimbulkan jerawat.

10. Minuman Energi: Red Bull dan Gatorade



Minuman berenergi bisa menjadi sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan. Kebanyakan dari mereka hanyalah sekaleng gula dan tidak mengandung nutrisi. Dan mereka juga menyebabkan jerawat, jadi yang terbaik adalah menghindarinya sepenuhnya.

Beberapa minuman berenergi juga mengandung vitamin B tertentu yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan infeksi dan jerawat.

Diet Anda memainkan peran penting dalam memilih kesehatan kulit Anda. Bukan tanpa alasan ada pepatah yang mengatakan, "Kamu adalah apa yang kamu makan." Ingatlah hal ini, saat Anda ingin makan, pastikan makanan tersebut tidak membawah efek negatif untuk kulit. Periksa kembali daftar makanan di atas jika Anda lupa.


EmoticonEmoticon