Sabtu, 08 Juni 2019

36 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut, Kulit, dan Kesehatan

Di seluruh dunia, jeruk nipis banyak digunakan untuk membuat selai, makanan ringan, permen, gula-gula, jus, dan minuman lainnya. Selain dikonsumsi, sari yang diekstrak dari kulit jeruk nipis digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kecantikan untuk wanita baik itu kulit wajah atau rambut seperti pasta gigi, sabun kecantikan, deodoran, minyak rambut, minyak tubuh, desinfektan dan obat kumur. Ternyata, jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kulit, rambut, dan kesehatan seperti menghilangkan jerawat atau memutihkan kulit wajah.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis



Jika kita berbicara tentang nilai nutrisi dari jeruk nipis, 31 g jeruk nipis mengandung 8 kalori. Tanpa kolesterol. 1 ons jus jeruk nipis mengandung 2,5 g karbohidrat dan kurang dari 1 g lemak, protein, serat, dan 1 mg sodium.

Jeruk nipis diperkaya dengan vitamin C. Mengandung 9,2 mg vitamin C per ons. Ditambah lagi, jeruk nipis juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalsium, folat, magnesium, kalium, kolin, fosfor dan betaine.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit



Buah jeruk dikenal memiliki efek yang baik untuk kulit begitu juga dengan buah jeruk nipis. Jeruk nipis, baik dikonsumsi secara diminum atau dioleskan, tetap memiliki manfaat yang bagus untuk kulit dan kesehatan. Kaya akan antioksidan seperti vitamin C, asam sitrat dan flavonoid, jeruk nipis memberikan manfaat berikut untuk kulit Anda:

1. Menyamarkan noda hitam

Jeruk nipis dianggap sebagai bahan pemutih alami karena sifatnya yang mencerahkan untuk kulit. Dapat digunakan untuk menyamarkan bintik-bintik hitam pada kulit. Yang perlu Anda lakukan adalah mengolekannya dengan kapas di bagian kulit yang gelap dan diamkan selama 30 menit. Namun, pastikan untuk tetap di dalam ruangan dan menghindari paparan sinar matahari langsung. Air jeruknipis bisa membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari. Selain itu, disarankan untuk menggunakan tabir surya sebelum pergi keluar. Anda juga dapat menggunakan bahan alami ini untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

2. Menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Apakah jeruk nipis baik untuk jerawat? Jerawat disebabkan ketika debu, minyak, dan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat dan bekas jerawat adalah masalah umum pada orang dengan kulit berminyak. Bakteri di pori-pori wajah menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa membuat masker wajah dengan campuran jeruk nipis dan madu. Madu memiliki sifat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri dan sifat asam dari jeruk nipis bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah. Supaya lebih efektif, masker tersebut harus digunakan setiap minggu sebagai bagian dari perawatan kulit Anda. Bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat juga dapat disamarkan dengan mengoleskan jeruk nipis.

3. Memperlambat penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia dan paparan sinar UV, melanin yang memberi warna pada kulit dapat menumpuk di kulit Anda sehingga menyebabkan bintik-bintik cokelat dan tanda-tanda penuaan lainnya. Kulit jeruk nipis bisa menghambat produksi melanin. Menggosok kulit dengan kulit jeruk nipis atau menggunakan masker wajah yang mengandung potongan kulit jeruk nipis dapat secara signifikan mengurangi dampak dari penuaan.

4. Memutihkan kulit

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menjadikan kulit Anda gelap. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan warna gelap kulit. Yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan masker wajah dengan mencampurkan tepung buncis dan menambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Oleskan campuran dari bahan di atas secara merata ke kulit Anda dan biarkan mengering. Setelah terasa cukup, basuh wajah Anda dengan air dan keringkan. Masker tersebut harus digunakan setiap minggu untuk hasil yang terbaik.

5. Mengecilkan pori-pori

Kandungan astringent pada jeruk nipis efektif untuk mengencangkan kulit. itulah alasan mengapa zat tersebut sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk mengencangkan kulit wajah. Air jeruk nipis memiliki kandungan astringen dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak sehingga kulit tampak lebih cerah dan sempurna.

6. Mengangkat kulit mati

Asam sitrat dalam kulit jeruk nipis dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Bahan tersebut sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa maupun di rumah untuk menjaga kesehatan dan penampilan kulit wajah.

7. Membuat kulit lebih bercahaya

Untuk kulit yang bercahaya, yang perlu Anda lakukan adalah minum segelas air hangat secara teratur dengan campuran madu dan perasan jeruk nipis pada pagi hari. Minuman tersebut akan membuat kulit Anda lebih bercahaya dan merawatnya dari dalam.

8. Manfaat lainnya

Jeruk nipis membantu meremajakan kulit Anda dan melindunginya dari infeksi karena kandungan antioksidan, desinfektan dan antibiotiknya. Kandungan vitamin C dan flavonoid dalam jeruk nipis juga bisa membantu mengurangi bau dan keringat tubuh. Caranya, Anda bisa mencampurkan jeruk nipis ke dalam air mandi agar lebih segar. Jika dioleskan pada kulit, jeruk nipis dapat membantu mengobati memar dan ruam.

Baca Juga: Manfaat Baking Soda untuk Ketiak dan Masalah Kulit Lainnya

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut



Selain efektif dalam perawatan kulit, kulit jeruk nipis dan air jeruk nipis juga memiliki peran penting dalam perawatan rambut. Manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah sebagai berikut:

9. Menghilangkan ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Ketombe adalah kondisi yang ditandai dengan deskuamasi berlebihan pada kulit kepala. Perasan jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan sampo ketombe. Asam sitrat dalam jeruk nipis telah terbukti sangat efektif dan bermanfaat untuk pengobatan ketombe. Untuk menghilangkan ketombe, gosokkan potongan jeruk nipis langsung ke kulit kepala. Membilas rambut dengan jeruk nipis yang ditambahkan ke air juga membantu menghilangkan ketombe. Di sisi lain, jeruk nipis terkadang dapat mengeringkan kulit kepala Anda. Untuk mengatasinya, Anda dapat mencampurkannya dengan minyak zaitun atau kelapa.

10. Merawat rambut

Rambut berminyak disebabkan oleh sekresi minyak berlebih yang disebut sebum pada kelenjar sebaceous sehingga membuat rambut Anda menjadi kusam. Jeruk nipis, dengan khasiatnya menyerap minyak, membuat kulit kepala Anda menjadi lebih segar. Mengoleskan irisan jeruk nipis pada kulit kepala selama beberapa menit sebelum dibilas juga dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit kepala dan rambut Anda. Sebagai alternatif, Anda dapat menambahkan 1-2 sendok makan perasan jeruk nipis ke dalam air dan membilas rambut Anda dengannya untuk menghilangkan minyak berlebih.

11. Membantu pertumbuhan rambut

Jus jeruk nipis bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Cara ini telah digunakan untuk waktu yang sangat lama untuk mengobati kebotakan dan rambut rontok. Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah vitamin C, hadir dalam jumlah besar dalam jeruk nipis. 

12. Menjadikan rambut berkilau

Rambut berkilau pasti diinginkan oleh semua orang. Jeruk nipis dapat memberi rambut kilau yang diinginkan. Menggunakan jeruk nipis dengan campuran madu dan minyak zaitun sebelum mencuci rambut bisa memberi Anda rambut berkilau. Jeruk nipis juga bisa dimasukkan ke dalam sampo bersama dengan bahan-bahan penting lainnya supaya membuat rambut Anda manjadi halus dan berkilau.

13. Mencerahkan warna rambut

Jika Anda ingin warna rambut Anda menjadi cerah tanpa menggunakan bahan kimia, jeruk nipis adalah pilihan yang bagus. Yang harus Anda lakukan adalah mengoleskan jus jeruk nipis ke rambut Anda dan biarkan rambut Anda terkena sinar matahari. Setelah merasa cukup, bilas rambut Anda dengan air bersih. Cara ini akan membuat rambut Anda terlihat 2-3 kali lebih cerah.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Beras

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan



Jeruk nipis menempati tempat penting di antara buah-buahan yang memiliki khasiat untuk kesehatan. Biji, daging, dan kulit buah ini memiliki khasiat obat. Jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat penting jeruk nipis bagi kesehatan:

14. Mengobati penyakit kudis

Penyakit kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Penyakit ini ditandai dengan seringnya infeksi seperti pilek, bisul pada lidah dan mulut, bibir pecah-pecah, gusi bengkak dan berdarah, dll. Vitamin C, jeruk nipis sangat efektif untuk mengobati penyakit kudis. Obat ini telah menjadi obat yang populer sejak abad ke-19, ketika Inggris menggunakan jeruk nipis untuk mengobati penyakit kudis. Bahkan hari ini, jeruk nipis banyak dikonsumsi oleh para pekerja yang bekerja di lingkungan berbahaya seperti pabrik semen, toko cat, tambang, dan pekerjaan berbahaya lainnya untuk mencegah timbulnya penyakit kudis.

15. Perawatan gusi

Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan masalah gusi. Seperti disebutkan di atas, penyakit kudis dapat menyebabkan pendarahan pada gusi. Jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid yang menghambat pertumbuhan mikroba dan, bersama dengan kalium, membantu penyembuhan luka.

16. Perawatan Mata

Sifat antioksidan dan antibakteri dari jeruk nipis bermanfaat bagi mata Anda. Sifat antioksidan vitamin C melindungi mata Anda dari penuaan dan degenerasi makula sementara flavonoid mencegah infeksi.

17. Mengobati radang sendi

Artritis disebabkan oleh penimbunan asam urat berlebih di dalam tubuh. Asam urat adalah kotoran yang biasanya dihilangkan dengan buang air kecil. Tetapi ketika asam urat menumpuk, hal itu dapat memperburuk rasa sakit dan peradangan yang disebabkan oleh arthritis. Asam sitrat yang ditemukan dalam buah jeruk, seperti jeruk nipis, melarutkan asam urat sehingga bisa terbuang dalam jumlah yang lebih besar melalui urin. Jeruk nipis juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan.

18. Mengobati encok

Gout disebabkan oleh akumulasi radikal bebas atau racun dalam tubuh, terutama asam urat. Menjadi sumber antioksidan dan detoksifikasi yang luar biasa seperti vitamin C dan flavonoid, jeruk nipis dapat membantu mengurangi jumlah radikal bebas dan mendetoksifikasi tubuh Anda, sehingga mencegah encok.

19. Menurunkan demam

Jeruk nipis memiliki manfaat alami yang dapat mengurangi demam. Dalam kasus demam tinggi hingga sedang, pasien harus diberikan jus jeruk nipis atau jus buah lainnya untuk menurunkan suhu  tubuh ke suhu yang normal. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk membantu mengurangi suhu tubuh secara alami.

20. Menurunkan Kolesterol

Jeruk nipis mengandung flavonoid yang disebut hesperidin yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh. Jika Anda menderita kadar kolesterol yang tinggi, disarankan untuk meningkatkan kadar hesperidin dengan mengonsumsi lebih banyak jeruk nipis.

21. Mencegah pembentukan batu ginjal

Jeruk nipis mengandung lebih banyak asam sitrat daripada jeruk biasa. Asam sitrat secara alami menghambat batu ginjal yang terbuat dari kalsium yang mengkristal. Dianjurkan untuk menggunakan jus jeruk nipis daripada jus jeruk lainnya untuk mendapatkan manfaat dan hasil yang maksimal.

22. Bermanfaat untuk penderita diabetes

Menurut American Diabetes Association, buah jeruk bermanfaat untuk diabetes karena beberapa alasan. Pertama, tingginya kadar serat yang larut di dalamnya yang membantu mengatur penyerapan gula dalam darah oleh tubuh. Hal tersebut dapat mencegah munculnya lonjakan gula dalam darah, yang meningkatkan risiko penyakit bagi pasien diabetes. Kedua, seperti kebanyakan buah jeruk, jeruk nipis memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menyebabkan kadar glukosa naik secara signifikan.

23. Mencegah kolera

Meskipun penyakit kolera rutin diberantas, kolera tetap menjadi penyakit mematikan di beberapa daerah. Untungnya, jeruk nipis dan buah-buahan lainnya dapat membantu mencegah timbulnya kolera. Jeruk nipis, bila ditambahkan ke air yang berpotensi terinfeksi, dapat menjadi desinfektan yang efektif. Jika dikonsumsi secara teratur oleh pasien yang terpapar air yang terinfeksi kolera, jeruk nipis dapat mengurangi efek penyakit mematikan ini.

34. Senyawa anti kanker

Senyawa limonoid dalam jeruk nipis telah terbukti memiliki sifat antikanker yang mencegah kanker usus besar, darah, dan lambung. Dengan efek antioksidan yang tepat dapat membunuh sel kanker, para ilmuwan telah mengamatinya melalui penelitian. Selain itu, senyawa tersebut tetap aktif dalam sel darah lebih lama dan dapat melawan lebih banyak radikal bebas daripada teh hijau atau cokelat hitam.

35. Sifat antivirus

Jeruk nipis membantu melawan dan melindungi dari infeksi virus yang menyebabkan pilek, campak, cacar, dan penyakit serupa lainnya. Kandungan jeruk nipis sangat efektif untuk mengobati infeksi tenggorokan, mulut, lambung, usus besar, dan urin. Kandungannya juga merupakan obat yang efektif untuk sistem pernapasan, seperti batuk, sesak dada, bronkitis, sinusitis, dan asma.

36. Bekerja sebagai antiseptik

Jeruk nipis mengandung sifat antiseptik yang dapat mengobati gigitan serangga dan sayatan. Buah ini juga efektif untuk perawatan luka seperti bisul, ruam, jantung yang tidak nyaman dan masalah serupa lainnya. Ketika dikonsumsi, dapat menyembuhkan infeksi usus besar, saluran kemih, dan ginjal.


EmoticonEmoticon