Sabtu, 01 Juni 2019

10 Manfaat Tomat untuk Mengatasi Masalah Wajah

Tomat adalah jenis sayuran yang biasanya memberi rasa hidangan. Tomat tidak hanya lezat, tetapi juga menawarkan banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Konsumsi tomat sangat dianjurkan karena kandungan likopen. Ini adalah senyawa yang dapat bertindak sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari sinar matahari dengan mengurangi jumlah radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar UV. Tomat dapat dengan mudah digunakan untuk membuat kulit putih sehat dan menarik.



Ekstrak tomat saat ini digunakan oleh banyak perusahaan yang memproduksi kosmetik untuk produk perawatan wajah mereka. Namun, Anda dapat memanfaatkan tomat dalam bentuk aslinya tanpa menambahkan bahan kimia atau bahan kosmetik. Mengapa menghabiskan banyak untuk sesuatu yang mudah didapat dari alam? Anda bahkan dapat menemukannya dengan mudah di dapur Anda atau di pasaran dengan harga yang jauh di bawah produk kimia.

Cara memutihkan wajah sesuai masalah kulit

Jika resep di atas ditujukan untuk semua jenis kulit secara umum, kombinasi berikut lebih spesifik untuk jenis kulit tertentu:

1. Menghilangkan jerawat

Minyak jojoba menyerap dengan mudah ke kulit dan melembabkan dan mengontrol kelebihan minyak di wajah. Ini berbeda dari kandungan antiseptik minyak pohon teh, yang dapat membersihkan infeksi yang menyebabkan jerawat.

Caranya mudah, cukup campur 1/2 campuran tomat dengan 1 sendok teh minyak jojoba dan 3-5 tetes minyak pohon teh sampai semuanya tercampur. Oleskan ke wajah, biarkan selama 10-15 menit, bilas dengan air hangat dan kemudian dengan air dingin. Ulangi 2-3 kali seminggu.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

2. Menyamarkan noda

Sementara tomat memudar noda, madu dapat mempercepat proses pemulihan dengan memberikan nutrisi penting dan antioksidan yang dibutuhkan kulit. Resep masker ini adalah mencampur 2 sendok makan pasta tomat dengan 1 sendok teh madu. Oleskan ke wajah, biarkan kering atau rendam selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.

3. Menghilangkan komedo 

Jika oatmeal dapat membersihkan wajah dari semua kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit, kandungan asam laktat yoghurt dapat meningkatkan proses pembersihan dengan menghilangkan sel-sel kulit mati. Nantinya, ketika pori-pori bersih, Komedopun akan menghilang dengan sendirinya.

Campurkan hanya 1 sendok makan yoghurt dan 1-2 sendok makan pasta tomat, lalu tambahkan 1 sendok makan oat perlahan-lahan. Panaskan campuran dengan pengadukan konstan dan oleskan setelah pendinginan dan biarkan di wajah selama 15 menit. Gunakan resep ini dua kali seminggu.

4. Membersihkan wajah berminyak

Kandungan tomat astringen menyeimbangkan produksi minyak kulit. Sementara alpukat dapat melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit agar tetap sehat. Selain itu, berkat kandungan vitamin C dan E-nya, alpukat dapat memperlambat proses penuaan.

Cara untuk melakukannya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan masing-masing pasta tomat dan bubur alpukat. Oleskan ke wajah, diamkan selama sekitar 10 menit lalu bilas. Lakukan dua kali seminggu.

5. Menghilangkan mata panda 

Tidak hanya kulit, tetapi juga lingkaran hitam di bawah mata dapat diringankan oleh tomat. Penambahan lidah buaya untuk resep ini meremajakan sifat antioksidan dan anti-inflamasi kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Resepnya sangat sederhana. Anda hanya mencampur 1 sendok teh air tomat dengan beberapa tetes gel lidah buaya. Simpan di bawah mata selama 10 menit (hati-hati jika Anda menerapkannya untuk menghindari kontak mata) dan kemudian bilas. Untuk hasil maksimal, berlaku 1-2 kali sehari.

6. Melembabkan kulit

Kandungan asam lemak esensial dalam minyak zaitun dapat menyehatkan kulit dan menghilangkan tekstur kulit yang kering. Pertama, peras air dari setengah tomat ke dalam mangkuk dan kemudian tambahkan minyak zaitun. Setelah diaduk merata, biarkan campuran di wajah selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, dua kali seminggu.

7. Menyamarkan flek hitam

Baik lemon dan tomat dapat mempercepat proses pencerahan bintik hitam. Campurkan 1 sendok teh pasta tomat dengan 3-4 tetes air lemon. Kemudian oleskan dan biarkan kering selama 10-12 menit. Bilas dengan air hangat, ulangi 1-2 kali sehari.

8. Megatasi wajah berminyak

Ketimun dapat menyeimbangkan pH dan pada saat yang sama mengurangi pori-pori besar kulit berminyak. Peras 1/2 tomat ke dalam mangkuk dan tambahkan ¼ mentimun parut. Oleskan ke wajah dengan bola kapas atau dengan tangan. Bilas wajah setelah 15-20 menit. Lakukan dua kali seminggu.

9. Mencerahkan wajah

Bubuk cendana sering digunakan sebagai masker, karena dapat membuat kulit bercahaya. Kunyit dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan warna kulit.

Untuk masker ini, hancurkan ½ tomat tanpa biji dan tambahkan sejumput kunyit dan 2 sendok makan bubuk cendana. Aduk rata, oleskan dan biarkan wajah selama 15 menit. Anda pasti kagum dengan hasilnya. Ulangi setiap 2 kali sehari.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Beras

10. Meringankan sengatan matahari 

Tingkat pemutih dalam semua bahan yang tercantum di bawah ini dapat menghilangkan efek terbakar sinar matahari. Selain itu, yogurt dapat menyehatkan kulit berkat kandungan gizi, vitamin, dan mineral.

Resepnya adalah mencampur air ½ lemon ke dalam wadah, tambahkan 1 sendok makan jus lemon dan yoghurt alami. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat. Gunakan resep ini setiap hari atau setidaknya 2 hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Tips lainnya



Jus segar atau tomat tentu lebih baik daripada yang sudah dibotolkan. Karena itu gunakan hanya segar. Selain itu, jika Anda ingin berhasil mencerahkan wajah Anda dengan tomat, Anda harus mempertimbangkan tip-tip berikut:
  • Selalu gunakan tomat matang, bukan yang mentah atau kering.
  • Kurangi konsumsi tomat jika Anda memiliki batu ginjal.
  • Hindari meletakkan tomat pada kulit yang terbuka, terluka, terjepit atau tertutup ruam.
  • Selalu pakai tabir surya sebelum pergi ke luar.
  • Hindari stres, banyak minum untuk menghindari dehidrasi, dan berolahraga secara teratur agar sirkulasi darah tetap lancar.
  • Lakukan tes mini pada lengan sebelum mengoleskan tomat ke wajah.
  • Hindari menggunakan produk sabun, lotion, krim atau gel yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti parabens, lauryl sulfate, dll.
Jika setelah upaya sebelumnya untuk memutihkan wajah dengan tomat, tidak ada yang berubah, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk hasil yang lebih baik.

Free Robux


EmoticonEmoticon