Sabtu, 01 Juni 2019

Cara Alami Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Mempunyai gigi putih dan sehat adalah keinginan setiap orang. Namun, tidak mudah untuk menjaga gigi Anda tetap putih. Diyakini bahwa penggunaan baking soda untuk gigi mampu memutihkan gigi. Manfaat gigi putih dapat dicapai dengan menyikat dengan baking soda atau pasta gigi dengan baking soda.

Hal-hal yang Bisa Merusak Gigi

Sebelum mengobati sebaiknya kita mncegahnya terlebih dahulu. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda hindari supaya tidak membuat gigi Anda menjadi kuning dan rusak.


1. Alkohol

Mengonsumsi minuman yang mengandung bisa mempercepat gigi menjadi kuning.

2. Kopi

Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi dapat menguningkan gigi. Apalagi ketika sudah menjadi kebiasaan minum kopi, bahkan gigi hitam bisa terbentuk.

3. Nikotin

Kandungan nikotin juga dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

4. Tidak menyikat gigi secara teratur

Tidaj teratur menyikat gigi juga bisa menjadi penyebab gigi kuning. Karena sisa makanan menempel pada gigi dan gigi menguning. Karena itu, gosok gigi dengan hati-hati dua kali sehari. Lakukanlah dengan teratur setelah sarapan dan sebelum tidur.

5. Cara menyikat gigi yang tidak benar

Banyak orang sering tidak menyadari bahwa mereka telah menyikat gigi dengan tidak benar. Ada beberapa yang berpikir mereka menyikat gigi sehingga mulut mereka tidak berbau. Ini anggapan yang salah. Jika Anda menyikat gigi dengan sembarangan, sisa makanan di gigi Anda tidak akan terkikis sepenuhnya. Akibatnya, gigi menguning oleh kuman yang terkandung dalam sisa makanan. Sikat gigi Anda dengan benar setidaknya selama 2 menit.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Beras

Cara Menggunakan Baking Soda untuk Memutihkan Gigi



Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan baking soda untuk gigi, lakukan hal berikut:

  • Gunakan wadah atau telapak tangan Anda sebagai tempat menaruh baking soda. Kemudian basahi sikat gigi Anda dengan air dan oleskan sikat gigi ke wadah atau telapak tangan dengan baking soda. Pikirkan baking soda sebagai pasta gigi dan gosok gigi Anda selama sekitar satu menit.
  • Kombinasi stroberi dan baking soda dapat meringankan gigi secara alami. Anda bisa membuat pasta dengan campuran kedua bahan ini. Langkah pertama adalah meluruskan stroberi terlebih dahulu dan campur dengan baking soda dan aduk sampai merata. Kemudian oleskan pasta ke gigi dan biarkan bekerja. Setelah 5 menit, sikat gigi Anda akan menghapus campuran sebelumnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih pasta gigi. Meskipun dianggap efektif dalam menghilangkan noda gigi, tidak dianjurkan untuk menggunakan baking soda daripada gigi secara terus menerus. Karena yang terkandung dalam kandungan fluoride pasta gigi, yang berguna untuk pencegahan gigi berlubang, tidak termasuk dalam baking powder.

Atau, untuk terus memanfaatkan baking soda, Anda dapat memilih pasta gigi dengan bikarbonat, isi baking soda.

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Campuran Kopi dan Bahan Alami Lainnya

Memutihkan Gigi Harus Sesuai Anjuran Dokter!


Selain memanggang soda untuk gigi, bahan-bahan alami lainnya seperti lemon, cuka sari apel dan kunyit mungkin bisa meringankan gigi. Hanya saja sifat-sifat bahan alami ini perlu penelitian lebih lanjut.

Alternatif lain yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi adalah penggunaan obat-obatan seperti strip pemutih, gel pemutih dan obat kumur. Namun, dianjurkan untuk melakukan pemutihan gigi di bawah pengawasan dokter gigi karena ini akan menghasilkan hasil yang maksimal. Keamanannya juga lebih waspada karena pemeriksaan dilakukan terhadap kondisi dan kesehatan gigi pasien.

Pemutihan gigi harus dihindari tanpa berkonsultasi dengan dokter, terutama dalam kondisi seperti:

  • Penyakit gusi, enamel gigi aus, dan gigi rontok terbuka
  • Gigi berwarna gelap
  • hamil
  • Masih di bawah 16 tahun
  • Mempunyai gigi yang sensitif dan alergi terhadap bahan pemutih gigi

Untuk menjaga agar deretan gigi tetap putih, Anda juga harus mulai dengan menghilangkan kebiasaan merokok, minum minuman ringan, atau minuman berkafein yang dapat mempengaruhi warna gigi Anda. Jangan lupa menyikat gigi setiap hari dan memeriksakan gigi secara teratur setiap 6 bulan dengan dokter.

Pemutihan gigi dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk penggunaan baking soda untuk gigi. Namun, jika Anda memiliki kondisi khusus, Anda harus berkonsultasi dengan prosedur pemutihan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi untuk memastikan keamanannya.


EmoticonEmoticon